Selasa, 12 Mei 2009

UTS Interaksi Manusia Komputer

NIM : 05111057

Nama : Pandu Priyatno


QUESTION INCLUDE ANSWER ( IMK version april 2009 )

1. Tentang komunikasi antara manusia dan computer dan apa saja macam macam interaksi yang dapat berlangsung?

Ans : sebuah hubungan antara manusia dan computer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah system yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).

Ans : macam macam interaksi antara manusia dan computer ; 1. Command line interface (perintah baris tunggal) 2. Menu (menu datar dan menu tarik) 3. Natural language ( bahasa alami ) 4. Question /answer 5. Form fill dan spreadsheet 6. WIMP ( Windows icon Menu Pointer )

2 Lima Faktor untuk dapat memahami rancangan suatu system atau aplikasi antar muka dengan baik dan benar sebut dan jelaskan !

Ans ; 1, Antar muka merupakan topeng dari sebuah system atau sebuah pintu gerbang masuk ke system dengan mewujudkan ke dalam sebuah aplikasi software. 2. Software seolah olah mengenal karakteristik usernya dari sifat sampai kebiasaan manusia secara umum. 3. Desainer harus mencari dan mengumpulkan berbagai karakteristik serta sifat dari user karena antar muka harus disesuaikan dengan user yang jumlahnya bias lebih dari satu dan mempunyai karakteristik yang berbeda. 4. Design tidak diperkenankan berdasarkan keinginan dari seorang desainer nya. 5. Survey adalah hal yang paling tepat untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak.

3 Bidang Ilmu yang perlu dipahami agar tercipta suatu interaksi yang baik antara manusia dan computer?

Ans : 1. bidang ilmu teknologi : dimana bidang ini sangat sering seorang programmer atau design grafis membuat sebuah prototype berupa hardware atau aplikasi untuk iklan…2. Bidang ilmu ekonomi : seorang user yang bekerja sebagai accounting akan sangat ketergantungan dari sebuah aplikasi yang menerapkan sebuah perhitungan sangat cepat untuk menyelesaikan pekerjaannya ( computer ) .

4. Unsur yang terkandung pada panca indera manusia yang sering digunakan untuk berinteraksi dengan computer ?

Ans : 1. Penglihatan ( digunakan untuk menghasilkan persepsi yang terorganisir akan gerakan, ukuran, bentuk, jarak , posisi relative, tekstur dan warna. 2. Pendengaran (informasi yang diterima melalui mata dengan lebih lengkap dan akurat, pendengaran menggunakan suara sebagai dasar penyebaran informasinya. 3. Sentuhan ( kulit untuk mengenali lingkungan dari rabaan atau sentuhan benda terhadap tubuh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar